Bagaimana Cara Kerja Kolam Renang ?


Terlepas dari ukuran, bentuk, atau fitur tambahannya, semuanya menggunakan kombinasi filtrasi dan perawatan obat obtan untuk menjaga air tetap bersih dan sehat secara konsisten. Dan  bagaimana cara kerja kolam renang?


SIRKULASI AIR KOLAM RENANG

Air di kolam renang perlu bersirkulasi melalui sistem penyaringan untuk menghilangkan kotoran. Selama operasi normal, air mengalir melalui sistem penyaringan melalui dua atau lebih saluran air utama di dasar kolam dan beberapa skimmer di sekitar bagian atas kolam. 

System ini dinamakan kolam renang yang memakai sistem skimmer box, air ditarik melalui saluran utama, skimmer, dan port vakum. Skimmer mengumpulkan dan menyaring air di permukaan dengan mendorong air dan menyaring sampah yang berada di perkukaan air melalui di keranjang saringan. 

Setelah itu, dikirim melalui pompa, filter, atau jika anda menggunakan pemanas, dan kemudian dikembalikan ke kolam melalui melalui inlet kolam renang. 

Pompa

Agar kolam renang bebas dari lumut dan dan  benda yang tidak di inginkan kolam harus memiliki filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran maupun debu. Namun, tanpa pompa, sistem penyaringan Anda tidak akan berfungsi dengan baik dan kolam Anda akan menjadi kotor untuk digunakan. Pompa dan filter kolam renang harus dipasang berdampingan air yang ditarik dari kolam renang akan di salurkan ke filter untuk disaring untuk selanjutnya di kembalikan lagi ke bak kolam renang.

Baca Juga ; pompa dengan variable kecepatan terbaru 

part mesin pompa kolam renang hayward


Filter

Selama proses penyaringan, air kotor dari kolam masuk melalui pipa saluran masuk filter dan menuju ke dalam tangki filter. Saat gravitasi menarik air ke bawah, tergantung pada jenis filter yang Anda miliki, pasir silika yang berada dalam tabung akan menyaring kotoran atau debu sampai ke ukuran micron.

Pengukur tekanan di inlet dan outlet memberi Anda gambaran tentang seberapa banyak penyumbatan yang dimiliki filter saat ini. Jika pengukur menunjukkan tekanan yang jauh lebih besar pada pipa saluran masuk daripada saluran keluar, itu merupakan indikasi ada banyak kotoran yang terkumpul dan sekarang saatnya untuk mencuci ulang atau membersihkan kartrid filter Anda.


Menyeimbangkan Air Kolam Anda 

Meskipun sistem filter menjaga air kolam Anda tetap bersih dan sehat, bahan kimia air menangani membantunya mensterilkan bakteri. Keseimbangan bahan kimia yang sehat sangat penting tidak hanya untuk kolam Anda, tetapi juga untuk peralatan kolam Anda lainnya. Kolam yang berisi air yang tidak diolah adalah tempat  yang sempurna untuk patogen dan mikroorganisme pembawa penyakit lainnya. 

Kolam dengan keseimbangan chemical yang tidak tepat dapat merusak bagian lain dari kolam Anda, mengiritasi kulit dan mata Anda, dan menyebabkan air Anda menjadi berkabut dan keruh. Sehinggamengganggu kenyamanan berenang. Untuk itulah Merawat kolam renang secara berkala dan jadwal perawatan kolam renang yang tetap sangat dianjurkan

Chlorine

Disinfektan yang paling populer adalah Chlorine. Ketika Chlorine ditambahkan ke air, ia bereaksi dengan air membentuk berbagai bahan kimia lainnya. Chlorine biasanya dibuat dalam bentuk cair, bubuk, atau tablet. Pakar kolam umumnya merekomendasikan untuk menambahkan Chlorine setelah proses penyaringan, dengan menggunakan pengumpan kimiawi. Jika ditambahkan langsung ke kolam, kaporit cenderung terlalu pekat di area tertentu dan tidak merata. Untuk itulah memberikan klorin di skimmer box akan merata keseluruh kolam renang.

Ketika klorin bereaksi dengan air, salah satu reaksi kimia yang paling menonjol adalah asam hipoklorit. Satu masalah dengan asam hipoklorit adalah sifatnya yang sangat tidak stabil. Ini terdegradasi saat terkena sinar matahari dan dapat bergabung dengan bahan kimia lain untuk membentuk senyawa baru. Seringkali klorinator menyertakan zat penstabil, seperti asam sianurat, yang akan membentuk senyawa yang lebih stabil setelah bereaksi dengan Chlorine.

Prama Pool Expert adalah jasa kontraktor pembuatan dan perawatan kolam renang yang berpengalaman, Untuk menghubungi bisa melalui No. TELP 0812 93 656544 atau 0818 0604 1965 Costumer service kami siap membantu permasalahan koma renang anda.